(Video) Kisah Hebat Sultan Abdul Majid I dari Khilafah Utsmaniah Turki Hantar Bantuan Ke Ireland.

Kisah Heroik Sultan Abdul Majid I

Kisah kedermawanan dan kebaikan Sultan Abdul Majid I untuk rakyat Irlandia yang dilanda musibah kelaparan.

Rakyat Irlandia mengirimkan surat untuk Sultan, “Kami para bangsawan dan rakyat Irlandia ingin mengucapkan terima kasih atas bantuan yang berlimpah dari Sultan Utsmani selama bencana kelaparan. Respon yang luar biasa dari Sultan Utsmani dalam bentuk bantuan ini memberikan teladan kepada negara-negara Eropa. Banyak yang terbantukan dan terselamatkan dari kebinasaan karena tindakan yang tepat waktunya ini. Kami ucapkan terima kasih atas nama mereka [rakyat Irlandia] dan berharap Sultan Utsmani dan kekuasaannya terselamatkan dari penderitaan yang menimpa kami.”

Koran London Times, edisi 21 April 1847, menuliskan, “Sultan dan rakyat Irlandia. Sebuah surat dari Konstantinopel [Istanbul] menyebutkan bahwa Sultan, dengan pujian yang agung untuknya , di saat mendengarkan [kabar] penderitaan rakyat Irlandia, memberikan bantuan lewat Tuan Wellesley yang terhormat sebesar 1.000 Poundsterling…”

Sebuah lembaga bantuan di Inggris saat itu, British Relief Association pada tahun 1849 memberikan pujian pada Sultan, “Yang Mulia, Sultan. Donatur sejumlah 1.000 Poundsterling, yang dengan teladannya yang besar, kemudian diikuti oleh negara lainnya, menjalin hubungan dengan rakyat Kerajaan Inggris dengan rasa simpati, kemanusiaan dan persahabatan umat manusia.”

 

sumber;  Cordova Media

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*